Breaking News

Tekan Peredaran Narkoba, Rutan Klas II B Prabumulih Gelar Tes Urine



PRABUMULIH, WP - Dalam waktu dekat atau tepatnya di 17 Desember ini Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Kota Prabumulih akan mengadakan tes urine kepada warga binaan.

Dimana kegiatan yang sekaligus bertepatan aktualisasi tertib kemasyarakatan tersebut dengan tema "Musi Bergerak 2018". Yang mana kegiatan ini rutin digelar diawal atau pun pengunjung tahun setiap tahunnya. Dengan tujuan, yakni mengantisipasi kejadian narkoba kemarin dan juga sebalik jangan sampai terjadi lagi kedepannya," ujar Kepala Rutan Klas II B Prabumulih, Reza M, Purnama, AMd, IP, SH ketika dibincangi Berantassumsel, Selasa (11/12/2018) di ruangan kerjanya didampingi berapa pegawai rutan lainnya.

Selain mengeteskan urin kepada ratusan warga binaan. Pihaknya juga memeriksa terkait kebersihan setiap  ruangan blok, dan juga razia handphone (HP) milik warga binaan tersebut.

"Nah, hasil razia barang bukti (BB) mereka (warga, red) binaan itu nanti langsung kita musnahkan yaitu dibakar bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Prabumulih dan pihak terkait lain sebagainya," ungkap Reza begitu sapaan akrabnya.

Hingga sejauh ini, berdasarkan data yang dimilik pihaknya tercatat sekitar 445 warga binaan laki-laki dan perempuan terdiri 147 tahanan  dan 295 narapidana dari berbagai kasus.
"Data itu sudah termasuk 10 tahanan wanita dan 4 orang anak-anak sampai waktu hari ini. Adapun dengan jumlah seluruh blok pada rutan kami ini sebanyak 6 blok dengan rincian blok A-F tambah Asnawi yang saat ini menjabat selaku Humas Rutan Klas 2 B Kota Seinggok Sepemunyian ini.

Ditambahkan pria tersebut agenda semacam ini memang rutin dilaksanakan serentak di daerah se-Indonesia oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi (Kemenkumham) melalui masing-masing kantor wilayah hukum.

"Dan, demi kemajuan dan keberhasilan dari berbagai lini di rutan kita. Tentunya, tak luput hal ini diharapkan dukungan dan kerjasama yang baik dari pemerintah kota serta stauke holder yang ada di kota nanas ini," pesannya seraya mengatakan nanti rencana pihaknya akan membangun tempat manasik haji bagi warga binaannya ini. (Red)

Tidak ada komentar