Breaking News

Di hari Lingkungan Hidup Dan Sampah Ridho Ajak Warga Tanam Pohon

PRABUMULIH, Liputan Sumsel.com–Walikota Prabumulih Ir Ridho Yahya MM kota Hadiri kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) sekaligus Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2019 Bertempat di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sungai Medang Kelurahan Sungai Medang Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih Sumatera Selatan, Pada Jumat (1/3).

Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya dalam sambutannya menjelaskan, bahwa kegiatan yang diadakan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya menjaga lingkungan sekaligus turut mendukung program nasional.


“Beberapa waktu lalu kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan 5 kementerian, yang membahas terkait gerakan peduli sampah, lingkungan, kemudian peduli kebersihan. Maka sebagai bentuk tindak lanjut tersebut, hari ini kita gelar kegiatan ini,” jelas walikota.

“Selain itu di kelurahan-kelurahan sudah kita programkan dana sekitar Rp250 juta. Dimana seratus juta lebih diperuntukkan untuk terciptanya kebersihan, kesehatan, dan keindahan di wilayah masing-masing kelurahan,” ucapnya lagi.

Lebih lanjut dituturkan pria asal Ogan Ilir itu, ia juga menerangkan bahwa pengelolaan TPA di Sungai Medang ini sudah sedemikian baik. Terbukti kolam retensi yang berada di dekat berlangsungnya kegiatan ini tidak tercium aroma busuk.


Kemudian, lanjut dia, kegiatan ini diproyeksikan sebagai salah satu pemicu agar masyarakt terus berjibaku dalam menjaga lingkungan alam sekitar mereka. “Sebab itulah alasan kita memilih lokasi ini,” jelasnya

Tak hanya itu, kata walikota, di kawasan ini kita juga menanam bibit pohon. Dan dalam waktu dekat juga dengan melibatkan elemen masyarakat, stakeholder baik kecamatan, kelurahan, sekolah-sekolah yang  ada, juga akan melakukan kegiatan jalan santai sambil memungut sampah.

“Ini tentunya bukan kegiatan instan, namun kedepan akan menjadi agenda Pemkot Prabumulih,” pungkasnya,



juga melibatkan dari berbagai stakeholder, diantaranya pihak Kajari, Polres, Pengadilan, serta berbagai mitra semisal Pertamina EP Asset II Prabumulih, PT. Kalingga Murda, perwakilan rumah sakit yang berada di Kota Prabumulih, dan masih banyak lainnya.
Adapun rangkaian Kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) sekaligus Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS)Diawali dengan senam bersama walikota dan masyarakat Prabumulih.
selain itu juga, diadakan perlombaan melukis oleh siswa sekolah dasar, dan menggambar karakter di media bekas galon air mineral oleh warga yang didominasi dari kaum perempuan.

Serta  dilanjutkan dengan pembagian berbagai doorprize untuk warga yang ikut dalam kegiatan.

 kegiatan ini juga ikut melibatkan
 berbagai stakeholder, diantaranya pihak Kajari, Polres, Pengadilan, serta berbagai mitra semisal Pertamina EP Asset II Prabumulih, PT. Kalingga Murda, perwakilan rumah sakit yang berada di Kota Prabumulih

Tampak ikut hadir kegiatan ini dari  jajaran pemkot, mitra pemerintah, TNI, Polri, ratusan warga juga hadir memadati lokasi . (ADV)

Tidak ada komentar